EFEKTIVITAS SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 1 JAPAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
GALIH ARIAJI MUKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0352
Abstract
Abstrak
Galih Ariaji Mukti : Efektivitas sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Japah Tahun Pelajaran 2014/ 2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri 2015
Kata Kunci : Sosiodrama, Percaya diri
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2014 sampai 25 Februari 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa siswa kelas VII-F di SMP Negeri 1 Japah masih banyak yang mengalami kepercayaan diri rendah. Kurangnya dukungan lingkungan baik lingkungan keluarga, maupun disekolah bisa membuat individu menjadi minder dan tidak percaya diri. Bila tidak ditangani sedini mungkin maka akan menjadi penghambat perkembangannya dewasa nanti. Rasa percaya diri merupakan suatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Sosiodrama adalah sebuah teknik pemecah masalah yang terjadi dalam konteks hubungan sosial dengan cara mendramakan masalah- masalah tersebut melalui sebuah drama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Japah tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimen, dengan desain penelitian one group pre test post test desaign. Populasi berjumlah 35 siswa. Sampel penelitian diambil dari siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah ditetapkan sejumlah 10 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.
Dalam penelitian ini menggunakan uji t-test dengan analisis data menggunakan Paired Sample T-Test. Mean pada pre test sebesar 42,60 dengan standart deviasi 2,011, sedangkan mean pada post test sebesar 75,60 dengan standart deviasi 4,812, dengan nilai t hitung = 24,446 dan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa ada peningkatan tingkat kepercayaan diri siswa pada kesepuluh individu setelah diberi perlakuan sosiodrama. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung sebesar 24,446. Harga thitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel dengan derajat kebebasan (dk) = n-1 = (10 – 1) = 9 dan taraf kesalahan ? = 5%. Berdasarkan dk 9 dan ? = 5%, ternyata harga ttabel = 2,262. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (24,446 > 2,262), maka signifikan akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Japah tahun pelajaran 2014/2015.