PENGARUH KREATIFITAS DALAM BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 BLORA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ESTI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0351
Abstract
ABSTRAK
ESTI UTAMI . Pengaruh Kreatifitas dalam metode pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi.
Kata Kunci : Pengaruh Kreatifitas, metode pembelajaran, Minat Belajar Siswa
Latar belakang dalam penelitian ini adalah minat belajar peserta didik rendah dikarenakan jenuh dalam belajarnya, karena pergaulan, motivasi yang rendah dan lain-lain. Adapun masalah yang timbul akibat latar belakang tersebut antara lain: karena minat belajar yang rendah maka nilai belajar siswa juga sngat rendah. masih banyak siswa yang membolos saat jam pelajaran, pelaksanaan pembelajaran yng belum intensif dan modern. Namun dalam penelitian ini peneliti hendak menguji pengaru kreatifitas dalam metode pembelajaran tehadap minat belajar siswa kelas VIII SMP N 3 BLORA. Jenis penelitian ini kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 40 siswa Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian dalam bentuk skala dengan empat alternatif jawaban yaitu: sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Adapun skala yang dimaksud adalah skala minat belajar. Penelitian dilaksanakan pada SMP N 3 BLORA. Data diambil dari data pretest dan posttest yang diselenggarakan oleh peneliti. Instrumen penelitian berupa skala psikologis minat belajar untuk mengukur minat belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One group pretest-posttest design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik uji t denga taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan uji t diperoleh thitung sebesar 10,95, sementara t tabel dengan db N-1 = 40-1 = 39 dan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,022, karena thitung > ttabel yakni 10,95 > 2,022, maka Ho ditolak dak Ha diterima sehingga hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII SMP N 3 BLORA Tahun Pelajaran 2014/2015” diterima. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kreatifitas dalam metode pembelajaran terhadap minat belajar siswa dan dapat disimpulkan pemberian kreatifitas dalam metode pembelajaran efektif terhadap minat belajar siswa.