PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP AL YAQIN SLUKE TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ERIKA WIDYARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0350

Abstract

ABSTRAK Erika Widyarti. Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNP Kediri 2015. Skripsi. ”Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa Kelas VII SMP AL-YAQIN Sluke Tahun Pelajaran 2014/2015”. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa Madrasah Aliyah Negeri Lasem tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa Kelas VII SMP AL-YAQIN Sluke Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi adalah siswa kelas Kelas VII SMP AL-YAQIN Sluke Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel berjumlah 30 siswa yang diambil dari data populasi. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala psikologis. Berdasarkan hasil uji validitas skala kepercayaan diri yang berjumlah 40 butir item terdapat 25 butir yang valid dan 15 butir yang tidak valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan rumus uji t-test. Berdasarkan hasil uji t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukkan thitung= 17,21> ttabel= 2,045. Hasil perhitungan selengkapnya dapat dilihat dilampiran. Dengan demikian, berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa kepercayaan diri siswa SMP AL-YAQIN Sluke Tahun Pelajaran 2014/2015 meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok. Berdasarkan simpulan yang diperoleh dalam penelitian yang penulis laksanakan ternyata layanan konseling kelompok efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Kelas VII SMP AL-YAQIN Sluke Tahun Pelajaran 2014/2015”. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada siswa yang tingkat kepercayaan dirinya kurang, hendaknya lebih bersedia dan lebih aktif dengan memanfaatkan layanan konseling kelompok untuk memecahkan permasalahan yang dialaminya. Bagi pihak sekolah hendaknya memprogramkan jam khusus untuk kegiatan bimbingan dan konseling khususnya layanan konseling kelompok serta memfasilitasi ruang bimbingan dan konseling dan menambah jadwal konseling kelompok. Bagi guru pembimbing, hendaknya dapat lebih memanfaatkan layanan yang ada dalam kegiatan bimbingan dan konseling, khususnya dalam menerapkan layanan konseling kelompok untuk membantu memecahkan permasalahan siswa maka dari itu guru pembimbing harus memberikan layanan yang lebih intensif dan efektif terhadap siswa-siswa yang kepercayaan dirinya rendah untuk dipecahkan permasalahanya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI