PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM SISWA KELAS X SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
DWI DARU SRI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0349
Abstract
Abstrak
Dwi Daru Sri Astutik : pengaruh penggunaan teknik relaksasi terhadap kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas X SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA tahun pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Teknik relaksasi, kecemasan berbicara di depan umum
Kecemasan berbicara di depan umum merupakan rasa takut terlibat dalam transaksi komunikasi yang ditandai dengan munculnya perasaan-perasaan negatif atau tidak rasional pada suatu peristiwa atau situasi yang ada hubungannya dengan berbicara di depan umum.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik kausal komparatif dan design penelitian adalah Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA. Sampel yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 28 siswa yang diambil dengan menggunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik Uji t berkorelasi/amatan ulang dengan menggunakan program Ms. Excel dan juga dengan menggunakan perhitungan statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik relaksasi dapat menurunkan kecemasan berbicara di depan umum siswa kelas X SMA KATOLIK WIJAYA KUSUMA BLORA yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan interaksi antara hasil pre test dengan hasil post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh setelah treatment diberikan adalah sebesar 6,14 (taraf signifikansi (? = 5%)).
Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) Siswa sebaiknya melakukan teknik relaksasi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik, (2) Bagi pihak seholah sebaiknya penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan layanan bimbingan dan konseling khususnya bagi siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum dalam hal ini presentasi, (3) Bagi konselor sebaiknya penelitian ini dapat dijadikan tambahan pengetahuan khususnya dalam membantu siswa yang mengalami kecemasan berbicara di depan umum, (4) Bagi pihak lain semoga penelitian ini bisa menjadi masukan dalam melakukan penelitian-penelitian selanjutnya.