PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH NGAWEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DHANICHA FERNANDA HASCARIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0347

Abstract

ABSTRAK Dhanicha Fernanda Hascariya. Pengaruh Layanan Bimbingan Sosial terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa kelas VIII di SMP MuhammadiyahNgawenTahun Pelajaran 2014/2015, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Sosial, Kemampuan Bersosialisasi Siswa Layanan bimbingan sosial adalah, seperangkat usaha bantuan kepada peserta didik agar dapat mengahadapi sendiri masalah-masalah pribadi dan sosial yang dialaminya,mengadakan penyesuaian pribadi dan sosial, memilih kelompok sosial, memilih jenis-jenis kegiatan sosial dan kegiatan rekreatif yang bernilai guna, serta berdaya upaya sendiri dalam memecahkan masalah-masalah pribadi, rekreasi dan sosialyang dialaminya. Kemampuan bersosialisasi siswa adalah perolehan kemampuan berprilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial yang mampu bermasyarakat serta dapat bersosialisasi pada setiap lingkungan seseorang berada dan dapat menghasilakn sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang disekitar kita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sosialisasi siswa kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui layanan bimbingan sosial dalam Bimbingan Konseling di SMP MuhammadiyahNgawen tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan bersosialisasi siswa, untuk mengetahui sejauh mana pengaruh antara layanan bimbingan sosial terhadap kemampuan bersosialisasi siswa itu terjadi, untuk mengetahui sejauh mana peranan guru BK dalam membimbing siswa. Metodepenelitiandalampenelitianiniadalahmetode penelitian eksperimen dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden dari total populasi sebanyak 120 siswa kelas VIII di SMP MuhammadiyahNgawen. Dari hasil analisis data diatas dengan menggunakan perhitungan SPSS versi 16.0, dapat dilihat bahwa t hitung dengan jumlah 81.682 di bandingkan dengan t table, dengan derajat kebebebasan (dk) = n-1 = (30-1=29) dan taraf kesalahan ? = 5%. Berdasarkan dk = 29 dan ?= 5%, ternyata harga t table = 2,045. Dengan demikian perbangingan antara t hitung dan t table adalah t hitung lebih besar dari t table (81.682 > 2,045), maka hasil signifikan, akibatnya Ho ditolak. Jadi kesimpulannya “Ada pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan social terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ngawen”.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI