PENGARUH CINEMATHERAPY TERHADAP DAYA PIKIR SISWA KELAS X SMA KATOLIK KOTA BLORA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

BUDI SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0345

Abstract

Abstrak BUDI SETIAWAN :Pengaruh Cinematherapy terhadap Daya Pikir Siswa Kelas X SMA KATOLIK Kota Blora Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Blora, 2015. Kata Kunci : Cinematherapy, Daya Pikir Siswa Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa bimbingan konseling di SMA melalui bimbingan klasikal masih banyak ditemuimenggunakan metode ceramah. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan materi yang disampaikan tidak dapat diterima dengan maksimal, dengan begitu tindakan preventif atau pencegahan terhadap masalah siswa tidak akan maksimal. Selain itu, guru menjadi kurang begitu dekat dengan siswa, serta kurang begitu memahami kondisi siswa. Sehingga permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh antara pemberian materi menggunakan metode cinematherapy terhadap daya piker siswa? Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian eksperiment one grup. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Katolik Kota Blora. Sampel yang dijadikan subjek penelitian berjumlah 43 siswa yang diambil dengan cara simple random sampling. Untuk tehnik analisa data menggunakan Rumus Spearmen-Brown. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pemberian materimenggunakan metode cinematherapy terhadap daya piker siswa kelas X tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh setelah treatment diberikan adalah sebesar 6,659 (taraf signifikan ?=5%) Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada: (1) Guru hendaknya menemukan metode yang tepat untuk memberikan materi kepada siswa (2) Guru BK sebaiknya menggunakan metode cinematherapy untuk menyampaikan materi guna mengembangkan daya pikir siswa (3) Siswa sebaiknya mampu memilih dan memilah segala bentuk film yang ditonton (4) Para peneliti dapat mengadakan kembali dan dapat menumbuhkan ide kreatif dan inovatif untuk para guru BK dan orang tua untuk dapat membimbing anaknya dalam mengembangkan daya pikir.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI