PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XII SMK AL-MUBAAROK REMBANG TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015


Author (Penulis)

AGUNG SARWONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0341

Abstract

ABSTRAK Agung Sarwono: Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap minat belajar Siswa Kelas XII SMK AL-MUBAAROK REMBANG Tahun Pelajaran 2014/2015, skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Pengaruh layanan Bimbingan Kelompok, Minat Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMK AL-MUBAAROK REMBANG ini siswa kelas xii apk masih mempunyai minat belajar yang rendah, sehingga sangat mempengaruhi ptestai yang di dapat siswa. Selain itu ketidak tertarikan siswa untuk mengikuti mata pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakan strategi layanan bimbingan kelompok di sekolah? (2) Bagaimana kondisi minat belajar siswa? (3) Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, disini subek penelitiannya Siswa kelas XII SMK AL-MUBAAROK REMBANG. Penelitian ddilaksanakan dalam beberapa tahap, yang pertama yaitu memvaliditas angket yang di gunakan untuk mengetahui valid tidaknya soal, yang kedua pemberian angket kepada siswa untuk mengetahui tingkat minat dan belajar siswa (pre test), yang ketiga pemberian perlakuan kepada siswa, yang ke empat pemberian kembali angket yang sama kepada siswa (post test). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok ini menggunakan analisis t-test. Kesimpulan hasil penilitan ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa SMK AL-MUBAAROK REMBANG Kediri Kelas XII Apk, tahun pelajaran 2014/2015, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji t diperoleh hasil dengan thitung N-1 = 21 – 1 = 20 sebesar 7,891. Jika dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh angka 2,086. Dengan demikian, thitung lebih besar dari ttabel (7,891> 2,086). Dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa Tahun Pelajaran 2014/2015, artinya Ha diterima. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan Pokok layanan bimbingan kelompok adalah untuk meningkatka minat belajar siswa. Dalam melakukan bimbingan di sekolah perlu dilakukan pembelajaran berkelompok untuk mempermudah bimbingan, oleh sebab itu guru memiliki adil terhadap pelaksanaan kerja kelompok. (2) guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah strategi pemberian layanan bimbingan kelompok sesuai dengan karakteristik kebutuhan siswa. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI