HUBUNGAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII DAN VIII SMP KARYA WATES KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

EFI FATUL COLIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0336

Abstract

Bimbingan kelompok merupakan salah satu teknik bimbingan yang berusaha membantu individu agar dapat mencapai perkembangannya secara optimal sesuai dengan kemampuan, bakat, minat, serta nilai-nilai yang dianutnya dan dilaksanakan dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa. Interpersonal siswa yang baik akan membantu dan mendukung individu dalam melakukan hubungan dengan orang lain dalam kaitannya untuk membina kerjasama serta membina persahabatan. Bimbingan kelompok sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan sosial siswa di sekolah. Siswa yang mempunyai hubungan interpersonal yang kurang baik, akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kelompoknya, baik itu di rumah, sekolah maupun di masyarakat. Variabel dalam penelitian ini yaitu pola bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan kedisplinan siswa sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Karya Wates Kediri. Sampel yang digunakan adalah random sampling ( pengambilan teknik acak ) yaitu 20% dari populasi yang berjumlah 20 siswa. Instrument pnelitian ini adalah angket dan raport. Metode pengumpulan data dengan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian ditemukan bahwa ada hubungan antara bimbingan kelompok dengan kedisiplinan siswa yang ditunjukkan dari hasilrhitung 0,865 >rtabel 0,449 dengan taraf kepercayaan 99%, sehingga semakin baik bimbingan kelompok maka semakin baik pula tingkat kedisiplinan pada siswa. Dengan demikian hipotesis diterima (H.1). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dengan adanya bimbingan kelompok maka dapat membantu siswa dalam meningkatkan kedisiplinan di sekolah, membantu siswa agar senantiasa terbuka dalam mengemukakan pendapatnya, dan semakin mempererat hubungan interpersonal antara siswa dan guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI