HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YUSEA PRETIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0331

Abstract

ABSTRAK Yusea Pretianasari: Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas 8 SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri 2015 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa anak-anak di SMP masih kurang percaya diri terhadap status sosial ekonomi keluarganya yang kurang mampu. Sehingga anak tersebut merasa minder apabila bergaul dengan teman-temannya yang di rasanya mampu dan cenderung untuk menyendiri di dalam kelas dan juga membuat anak tersebut menjadi malas untuk pergi ke sekolah dan belajarpun anak kurang berkonsentrasi dengan baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana status sosial ekonomi keluarga kelas VIII SMPN 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015 (2) Bagaimanakah rasa percaya diri siswa kelas VIII SMPN 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015? (3)Adakah hubungan status sosial ekonomi keluarga terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII SMPN 8 Kediri tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 160 siswa dan jumlah sampel sebanyak 40 siswa ,instrumen yang digunakan adalah angket yang disebarkan pada siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Bahwa status sosial ekonomi keluarga kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri kurang mampu dengan rata-rata skor sebesar 40 (2) Bahwa rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri tidak percaya diri dengan rata-rata skor sebesar 50 (3) Tidak ada hubungan status sosial ekonomi keluarga terhadap rasa percaya diri siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi guru BK/ Konselor agar dapat mendapat memberikan perhatian kepada siswanya, sehingga lebih memahami karakteristik siswanya tersebut dan mungkin ada gejala yang dapat menghambat proses berinteraksi dengan teman temannya di sekolah. Dengan semangat guru BK di harapkan dapat mengupayakan solusi untuk mengentaskan permasalahan siswa yang dilatarbelakangi dengan berbagai permasalahan yang kompleks setip individu (2) Bagi guru mata pelajaran agar lebih menjalin keakraban dan kedekatan kepada para siswa-siswanya (3) Bagi orangtua agar lebih dapat memahami, mengawasi dan memotivasi anak-anaknya agar menjadi anak yang lebih baik lagi. Kata kunci: status sosial ekonomi, percaya diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI