HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAPAR KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YULITA SULISTYO RINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0329

Abstract

ABSTRAK Yulita Sulistyo Rini: Hubungan Antara Pemahaman Tata Tertib Sekolah Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Papar Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Pemahaman Tata Tertib Sekolah, Disiplin Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa siswa kurang memahami tata tertib yang ada disekolah. Akibatnya siswa cenderung tidak disiplin dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan. Hal ini nampak dari pemahaman tata tertib sekolah yang rendah, yang pada akhirnya kedisiplinan belajar siswa pun juga rendah. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan yang signifikan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta instrument yang digunakan adalah angket dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Papar. Alat pengumpulan data menggunakan tes pemahaman tata tertib sekolah dan kedisiplinan belajar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 dari total ppulasi sebanyak 324 siswa. Analisis data menggunakan rumus Product Moment dilakukan penghitungan menggunakan SPSS 16 For Windows. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Korelasi Product Moment dengan menggunakan SPSS 16 For Windows menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi rhitung ? rtabel yaitu sebesar 0,499 ? 0,273 (dengan ? = 5%) sehingga hal ini berarti ada korelasi yang sangat signifikan antara pemahaman tata tertib sekolah dengan kedisiplinan belajar pada siswa. sehingga perhitungan signifikan. Hal ini terbukti semakin tinggi pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah maka semakin tinggi pula tingkat kedisiplinan belajar siswa. Sebaliknya jika pemahaman siswa terhadap tata tertib sekolah rendah, maka tingkat kedisiplinan belajar akan rendah pula. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: T ujuan pemahaman tata tertib sekolah adalah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dalam proses belajar. Oleh sebab itu konselor seharusnya memaksimalkan dalam peningkatan pemahaman siswa terkait pemahaman tata tertib sekolah yang ada agar disiplin dikalangan pelajar semakin baik dan terciptanya keteraturan dalam proses belajar mengajar. Konselor masih perlu meneliti terus menerus, untuk memuktikan bahwa pemahaman tata tertib sekolah sangat penting bagi siswa agar disiplin dalam belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI