PENGARUH SOSIALISASI DENGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERKEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PLOSOKLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
YOGI UGROSENO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0326
Abstract
Penelitian ini berangkat dari perkembangan remaja yang dapat berkembang karena banyaknya pengaruh, salah satunya yaitu dari pengaruh teman sebaya yang dapat menimbulkan hal positif dan negatif. Akibatnya banyak dari mereka dipandang oleh teman sebaya merupakan aspek yang terpenting dalam kehidupan mereka. Beberapa remaja akan melakukan apapun agar dapat dimasukkan sebagai anggota. Hal tersebut nampak dari sosialisasi teman sebaya peserta didik yang rendah, yang pada akhirnya perkembangan diripun juga rendah.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh antara sosialisasi teman sebaya terhadap perkembangan diri peserta didik kelas XI SMAN 1 Plosoklaten Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta instrumen yang digunakan adalah angket dengan subyek penelitian ialah peserta didik kelas XI SMAN 1 Plosoklaten. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan instrumen tes sosialisasi teman sebaya dan tes perkembangan diri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 dari total populasi sebanyak 241. Pengambilan sampel dengan cara Cluster Random Sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasional dengan menggunakan bantuan SPSS v 20.0 for windows.
Dari rumus t hitung, didapatkan t hitung sebesar 2,149 > t tabel 1,710 maka Ho ditolak, hasil tersebut juga dapat dilihat dari nilai sig 2 tailed 0.001 0,05 sehingga Ho ditolak.Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara sosialisasi teman sebaya terhadap perkembangan diri peserta didik.