Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 SEMEN Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

YOGA SEPTYA TAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0323

Abstract

Abstrak Yoga Septya Tamayanti: Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Regulasi Diri Siswa Dalam Belajar Kelas VIII SMP Negeri 1 SEMEN Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 SEMEN bahwa terdapat permasalahan berupa kurangnya pengendalian diri dan pencapaian target belajar siswa. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi penurunan prestasi belajar pada siswa tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok terhadap regulasi diri siswa dalam belajar kelas VIII SMP Negeri 1 SEMEN Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok terhadap regulasi diri siswa dalam belajar kelas VIII SMP Negeri 1 Semen Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif teknik Penelitian Pre-Eksperiment dengan uji Wilcoxon. Dengan jumlah populasi 215 siswa dan di dapat jumlah sampel dengan menggunakan random sampling sebanyak 32 siswa. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 SEMEN. Penelitian dilakukan dalam 3 tahap yaitu penyebaran angket motivasi belajar dalam 2 tahap (tahap ke 2 dianggap pemberian treatment atau perlakuan) dan sikap belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah berdasarkan hasil analisis Uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 hasil nilai sebelum dan sesudah perlakuan terhadap regulasi diri belajar, diantaranya: (a) terdapat 1 orang dengan nilai hasil sesudah perlakuan lebih rendah daripada nilai sebelum perlakuan; (b) terdapat 2 orang yang memiliki nilai perlakuan tetap (tidak terpengaruh terhadap perlakuan); dan (c) terdapat 10 orang yang memiliki nilai perlakuan yang lebih baik dari nilai sebelum perlakuan. Maka ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok terhadap regulasi diri siswa dalam belajar. Kata Kunci: regulasi diri siswa dalam belajar, layanan bimbingan kelompok, teknik diskusi kelompok

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI