HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN IDENTITAS DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YEYEN SULISTIONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0322

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari Gambaran yang sering diberikan oleh media massa mengenai remaja yaitu bahwa remaja merupakan sosok yang pemberontak, penuh konflik, suka ikut-ikutan mode, menyimpang dan terpusat pada diri sendiri. dukungan sosial dapat dijadikan pelindung untuk melawan perubahan peristiwa kehidupan yang berpotensi penuh terhadap munculnya stres, sehingga meningkatkan kesejahteraan psikologis karena adanya perhatian dan pengertian yang diberikan oleh orang lain akan menimbulkan perasaan memiliki, dapat meningkatkan harga diri dan kejelasan identitas diri, serta memiliki perasaan positif mengenai diri mereka. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana dukungan sosial teman sebaya peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun Ajaran 2014-2015? 2) Bagaimana identitas diri peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun Ajaran 2014-2015? 3) Adakah hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri peserta didik kelas SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun Ajaran 2014-2015? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa skala. Skala terdiri dari variabel dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri. Sedangkan subjek yang di teliti berjumlah 26 responden, terdiri dari kelas VIII A – VIII E. Hasil di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus product moment dan dibantu dengan menggunakan SPSS 20 For Windows. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel dukungan sosial teman sebaya peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri sebagian besar yaitu sebanyak 46,15% terdapat pada kategori cukup. Sedangkan variabel identitas diri peserta didik VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri sebagian besar yaitu sebanyak 46,15% terdapat pada kategori cukup. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: dari hasil penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan dukungan sosial teman sebaya dalam kategori cukup dan dari hasil identitas diri dalam kategori cukup. Dari data yang diperoleh menunjukkan hasil yang signifikan artinya Ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan identitas diri peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun ajaran 2014-2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, dapat dikatakan dengan dukungan sosial teman sebaya diharapkan meningkatkan intensitas pertemanan, dan melalui dukungan sosial teman sebaya ini juga diharapkan untuk meningkatkan identitas diri peserta didik sehingga akan mudah untuk melewati tugas- tugas perkembangan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI