HUBUNGAN KEMAMPUAN PENGELOLAAN DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
YENI SULISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0321
Abstract
Pengelolaan diri adalah teknik pengubahan perilaku yang dalam prosesnya konseli mengarahkan perubahan perilakunya sendiri dengan suatu teknik atau kombinasi teknik teurapetik. Disiplin belajar adalah sikap atau tingkah laku peserta didik yang patuh dan tertib dalam menjalankan kewajibannya untuk belajar sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah maupun di rumah. Pengatasan masalah tersebut memerlukan bantuan yang efektif dari konselor dan peneliti untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kediri melalui teknik pengelolaan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hubungan pengelolaan diri dengan peningkatan disiplin belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Kediri Tahun 2014/2015. Penelitian ini termasuk dalam jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 311 dan sampel penelitian berjumlah 104 peserta didik dengan teknik pengambilan random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dengan angket pengelolaan diri dan disiplin belajar. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara pengelolaan diri dengan disiplin belajar pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan uji analisis Correlational Product Moment yaitu N = 104 yang diperoleh r hitung 0,600 dan r tabel 0,195 pada taraf signifikansi 5% sehingga r hitung ? r tabel (0,600 ? 0,195).Berdasarkan hasil penelitian, disarankan konselor dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan disiplin belajar dengan menggunakan teknik pengelolaan diri, sehingga disiplin belajar peserta didik dapat meningkat.