PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WIWIN WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0319

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Kediri melalui pengamatan langsung dalam proses pembelajaran, bahwa proses pendidikan di SMP Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 umumnya belum mampu mengembangkan dan meningkatkan kreativitas peserta didik. Hal ini diamati dari pembelajaran yang umumnya masih berpusat kepada guru sehingga peserta didik hanya menerima apa yang disampaikan guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan metode pembelajaran mind mapping, (2) bagaimana tingkat kreativitas, (3) adakah pengaruh antara penerapan metode pembelajaran mind mapping terhadap tingkat kreativitas pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Eksperimental-Kuasi (Quasi-Experimental Research) dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan, menggunakan instrumen berupa tes kreativitas, RPLBK, pemberian perlakuan/tindakan, dan lembar penilaian proses pembelajaran. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) ada perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 memiliki klasifikasi kreativitas tinggi, dan seluruh subvariabel juga mendukung klasifikasi tinggi. Hasil perhitungan uncorrelated data/independent samples t test dengan nilai? t?_hitung sebesar 18,5. Diketahui df = N -2 (36 – 2) dengan ? = 5% (0,05) diperoleh nilai t_tabel sebesar 1,6909. Karena nilai t_( hitung) > t_tabel (18,5 > 1,6909), artinya ada pengaruh penerapan pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) tujuan pokok penerapan pembelajaran mind mapping (peta pikiran) terhadap kreativitas adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan kreativitas peserta didik. Oleh sebab itu baik konselor maupun guru mata pelajaran hendaknya menggunakan metode mind mapping (peta pikiran) dalam proses pembelajaran. (2) Konselor dan guru mata pelajaran perlu melakukan penelitian terus menerus untuk membuktikan bahwa metode mind mapping (peta pikiran) sesuai/cocok digunakan untuk seluruh karakteristik materi layanan/pelajaran dan untuk karakteristik peserta didik. Kata kunci: mind mapping, peta pikiran, kreativitas

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI