HUBUNGAN ANTARA KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DIRUMAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK PEMUDA PAPAR TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

WISNU SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0318

Abstract

Abstrak Wisnu Setyawan: Hubungan antara Ketersediaan Fasilitas Belajar Dirumah dengan Motivasi Peserta Didik Kelas X di SMK Pemuda Papar Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Ketersediaan Fasilitas Belajar di rumah, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih banyak peserta didik yang belum mempunyai fasilitas belajar yang memadai yang berakibat pada rendahnya motivasi dalam belajar. Faktor motivasi yang rendah tersebut dikarenakan orang tua yang belum memfasilitasi dengan baik kegiatan belajar anaknya. Semua itu bisa disebabkan karena kurangnya dana maupun perhatian dari orang tua terhadap proses belajar anaknya. Selain itu minat yang rendah terhadap pembelajaran maupun keadaan kesehatan peserta didik juga mempengaruhi motivasi belajar mereka. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana ketersediaan fasilitas belajar dirumah peserta didik kelas X di SMK Pemuda Papar tahun pelajaran 2014-2015? (2) Bagaimana tingkat motivasi belajar peserta didik kelas X di SMK Pemuda Papar tahun pelajaran 2014-2015? (3) Adakah hubungan antara ketersediaan fasilitas belajar dirumah dengan motivasi belajar peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian korelasi dengan subyek siswa kelas X SMK Pemuda Papar tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 84 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu tahapan, yaitu dengan menggunakan instrumen berupa angket. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ketersediaan fasilitas belajar dirumah peserta didik kelas X SMK Pemuda Papar masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 60,72%. (2) Tingkat motivasi belajar peserta didik kelas X SMK Pemuda Papar masuk dalam keategori cukup yaitu sebesar 70,24%. (3) Ada hubungan antara ketersediaan fasilitas belajar dirumah dengan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka direkomendasikan: (1) Bagi sekolah dapat digunakan sebagai bahan pengetahuan atau masukan agar sekolah lebih memperhatikan fasilitas maupun memotivasi peserta didik. (2) Bagi orang tua dapat menjadi bahan masukan agar orang tuan lebih memperhatikan ketersediaan fasilitas belajar peserta didik ketika dirumah. (3) Bagi pemerintah hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai acuan dalam pemberian bantuan berupa fasilitas belajar peserta didik ketika dirumah, seperti buku penunjang, pensil, meja belajar dan masih banyak lagi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI