PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 1 SEMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WAHYU SETIYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0311

Abstract

Bimbingan kelompok adalah upaya bantuan yang diberikan kapada siswa dalam situasi kelompok dengan masalah yang sama dan bertujuan untuk memantapkan kepribadian dan mengembangkan kemampuan individu. Rasa percaya diri yaitu suatu kepercayaan akan kemampuan sendiri dengan adanya kesadaran pada kemampuan yang dimiliki sehingga dapat dimanfaatkan secara tepat. Permasalahan penelitian ini adalah adakah pengaruh bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII-B SMP N 1 Semen tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek siswa kelas VIII-B SMP N 1 Semen tahun pelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian sejumlah 40 siswa kelas VIII-B dan sampel 40 siswa karena subyeknya kurang dari 100 sehingga diambil semua. Penelitian ini menggunakan one-group pre-test dan post-test design. One-group pre-test dan post-test design dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hitung percaya diri siswa sebelum diadakan bimbingan kelompok (T1) sebesar 51,65. Namun, setelah diberi bimbingan kelompok (T2), diperoleh rata-rata hitung sebesar 62,40 .Dari hasil tes awal (T1) dan tes akhir (T2) dapat dikatakan bahwa percaya diri siswa meningkat sebesar 10,75. Berdasarkan uji analisis uji-t dengan N = 40 diperoleh hasil t hitung = 5,750. Bila dilihat pada t tabel untuk dk (40 – 1) = 39 pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel = 1,685. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 5,750 > 1,685 maka ha diterima, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII-B tahun pelajaran 2014/2015. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu jika bimbingan kelompok diterapkan maka percaya diri yang dimiliki siswa semakin meningkat. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan di penelitian ini yaitu bimbingan kelompok berpengaruh untuk meningkatkan percaya diri yang dimiliki siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana harus dapat menumbuhkan dan meningkatkan percaya diri yang dimiliki siswa agar dapat meraih prestasi yang membanggakan, (2) Guru perlu menerapkan bimbingan kelompok untuk menigkatkan pecaya diri yang dimiliki siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI