HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN DAYA TAHAN TERHADAP STRES PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAPAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

WAHYU RISKY AGUSTIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0310

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti sendiri. Penelitian berangkat dari ketidakmampuan peserta didik dalam mengelola emosinya dengan baik saat menghadapi masalah. Akibatnya peserta didik tidak mampu memusatkan perhatian dengan baik, seringkali melamun, bertindak tanpa berfikir, bersikap terlalu tegang sehingga tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar. Hal tersebut nampak dari kecerdasan emosional peserta didik yang rendah, yang pada akhirnya daya tahan terhadap stresnyapun juga rendah. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenal, mengolah, dan mengontrol emosi agar anak mampu merespons secara positif setiap kondisi yang merangsang munculnya emosi-emosi ini. Sedangkan daya tahan terhadap stres adalah kemampuan individu untuk menyimpulkan bahwa hal yang menimbulkan stres itu tidak berarti apa-apa bagi kesejahteraannya, juga mampu menyimpulkan bahwa peristiwa yang dapat mendatangkan stres itu ternyata baik dalam mendatangkan keuntungan baginya, dan kemampuan menerima keadaan yang mendatangkan stres. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan antara kecerdasan emosional dengan daya tahan terhadap stres pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta instrumen yang digunakan adalah angket dengan subyek penelitian ialah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Papar. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kecerdasan emosional dan tes daya tahan terhadap stres. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 49 dari total populasi sebanyak 324. Pengambilan sampel dengan cara Random Sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasional dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 16.0. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik Korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi r_hitung > r_tabel yaitu sebesar 0,806 > 0,364 (dengan ? = 1%) sehingga hal ini berarti ada korelasi yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan daya tahan terhadap stres. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka daya tahan terhadap stres juga semakin tnggi. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah pula daya tahan terhadap stres peserta didik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka diharapkan konselor maupun orangtua dapat memberikan kegiatan yang diorganisasikan berdasarkan kebutuhan, minat, dan karakteristik peserta didik yang menjadi sasaran pengembangan kecerdasan emosional sehingga menciptakan daya tahan terhadap stres dalam diri peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI