PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS X APK 1 DI SMK PEMUDA PAPAR TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

VERA FUSFARIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0306

Abstract

ABSTRAK Vera Fusfarianti : Pengaruh Layanan Bimbingan Pribadi Sosial dengan Metode Role Playing terhadap Perilaku Sopan Santun Peserta Didik Kelas X APK 1 di SMK PEMUDA PAPAR, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: pribadi sosial, role playing, sopan santun Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pemberian layanan BK masih didominasi oleh aktivitas klasikal ceramah dimana guru yang berperan aktif. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan peserta didik menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi membuat peserta didik menjadi aktif karena dalam metode tersebut peserta didik akan ikut terlibat langsung dan memberi contoh nyata bagaimana sikap sopan santun kepada orang lain. Maka dari itu diperlukan metode pembelajaran seperti role playing. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bimbingan pribadi sosial dengan metode role playing peserta didik kelas X APK 1 SMK Pemuda Papar Tahun Pelajaran 2014-2015? (2) Bagaimanakah perilaku sopan santun peserta didik kelas X APK 1 SMK Pemuda Papar Tahun Pelajaran 2014-2015? (3) Adakah pengaruh antara pemberian layanan bimbingan pribadi sosial dengan metode role playing terhadap perilaku sopan santun peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek kelas X APK 1 SMK PEMUDA PAPAR. Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimental one group pre test post test dan menggunakan angket sebagai instrument yang dilakukan sebanyak tiga tahap yaitu memberikan pre test dilanjutkan dengan treatment berupa role playing dan terakhir pemberian post test. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) bimbingan pribadi sosial dengan metode role playing dilakukan sebanyak 2x pertemuan meminta peserta didik memainan peran berkaitan dengan sopan santun (2) sopan santun peserta didik sebelum diberikan perlakuan role playing berada pada kategori sedang dengan angka 54.55% sesudah diberikan metode role playing berada pada kategori tinggi dengan angka 60.61% sehingga bisa dinyatakan mengalami peningkatan (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan role playing dalam bimbingan pribadi sosial terhadap peningkatan sopan santun peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan penggunaan role playing dalam bimbingan pribadi sosial adalah untuk meningkatkan sopan santun peserta didik dengan memberikan contoh nyata bagaimana bersikap sopan santun kepada orang lain lewat permainan peran. Maka guru BK harus mengutamakan proses yang mendukung untuk meningkatkan sopan santun peserta didik. (2) Guru BK hendaknya meningkatkan kualitas layanan bimbingan konseling, sehingga peserta didik mampu meningkatkan sopan santun

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI