HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DALAM KELUARGA DENGAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I PAPAR TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
VELIA ELLEN OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0305
Abstract
ABSTRAK
Velia Ellen Oktaviana: Hubungan Antara Disiplin Dalam Keluarga Dengan Kedisiplinan Di Sekolah
Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Papar Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, Bimbingan dan
Konseling, FKIP, UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi dari kedisiplinan siswa dalam kehidupan sehari-hari,
khususnya di dalam keluarga dan di lingkungan sekolah. Disiplin dalam keluarga merupakan faktor
utama yang akan mempengaruhi perilaku, nilai, dan norma yang baik pada siswa agar bertindak dan
berperilaku yang baik pula pada kedisiplinan di sekolah.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana disiplin dalam keluarga pada siswa kelas
VIII SMP Negeri I Papar tahun pelajaran 2014-2015? 2) Bagaimana kedisiplinan di sekolah pada
siswa kelas VIII SMP Negeri I Papar tahun pelajaran 2014-2015? 3) Adakah hubungan antara disiplin
dalam keluarga dengan kedisiplinan di sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Papar tahun
pelajaran 2014-2015?
Pada penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif dan dengan menggunakan instrumen
penelitian berupa angket. Sedangkan subjek yang di teliti berjumlah 76 responden dari populasi secara
keseluruhan 324 siswa terdiri dari kelas VIII A-VIII I. Pengambilan sampel dengan cara Random
Sampling dan teknik analisis data secara statistik menggunakan rumus KorelasiProduct Moment
denganbantuan SPSS 16 For Windows.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Mayoritas siswa kelas VIII di SMP Negeri I Papar
mempunyai disiplin dalam keluarga yang rendah dengan rata-rata skor sebesar 54. 2) Mayoritas siswa
kelas VIII di SMP Negeri I Papar mempunyai kedisiplinan di sekolah yang rendah dengan rata-rata
skor sebesar 35. 3) Ada hubungan antara disiplin dalam keluarga dengan kedisiplinan di sekolah.
Implikasi penelitian ini adalah, (bagi siswa) : dapat menumbuhkan kesadaran siswa
untuk meningkatkan kedisiplinan terkait dengan tata tertib yang ada dalam keluarga dan di
sekolah, (bagi sekolah) : dapat diketahui permasalahan siswa terkait dengan kedisiplinan
dalam keluarga dan di sekolah.Sedangkan saran khusunya untuk guru BK agar lebih memahami
permasalahan yang muncul terkait dengan kedisiplinan siswa dalam keluarga dan di sekolah.
Kata Kunci: Disiplin, Keluarga, Kedisiplinan, Sekolah