HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK XI IPS SMA 1 KENDURUAN KAB. TUBAN TAHUN PELAJARAN 2015 - 2016


Author (Penulis)

TAUFIQ RACHMAN SALEH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0296

Abstract

ABSTRAK Taufiq Rachman Saleh: Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Keterampilan Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN I Kenduruan Kab. Tuban Tahun 2015 – 2016. Skripsi, BK, FKIP, UN PGRI Kediri, 2015. Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Keterampilan Sosial Penelitian ini dilatar belakangi oleh Peserta didik yang dinilai tidak kompeten secara sosial cenderung mengalami penolakan atau isolasi sosial. Individu dapat mencapai kompetensi sosial jika memiliki keterampilan sosial yang baik, salah satu faktor yang membuat peserta didik memiliki keterampilan sosial yang baik adalah konsep diri yang baik pula dan peserta didik yang memiliki konsep diri yang baik cenderung memiliki kepercayaan diri yang baik. Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana kepercayaan diri peserta didik XI IPS SAMN I Kenduruan Kab. Tuban, 2015 - 2016 ? 2) Bagaimana keterampilan sosial peserta didik XI IPS SMAN I Kenduruan Kab. Tuban, 2015 - 2016 ? 3) Bagaimana hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan sosial ? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Angket terdiri dari variabel kepercayaan diri dengan keterampilan sosial. Sedangkan subjek yang di teliti berjumlah 64 responden, terdiri dari kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMAN I Kenduruan Kab. Tuban. Hasil di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus product moment dan dibantu dengan menggunakan SPSS 20 For Windows. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel kepercayaan diri peserta didik XI IPS SMA N I Kenduruan Kab. Tuban sebagian besar yaitu sebanyak 87.5% terdapat pada kategori baik. Sedangkan keterampilan sosial peserta didik XI IPS SMAN 1 Kenduruan Kab. Tuban sebagian besar yaitu sebanyak 68.7% juga terdapat pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: ada hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan sosial peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Kenduruan Kab. Tuban Tahun 2015-2016. Hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan sosial peserta didik diperoleh hasil yang signifikan artinya bahwa adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan sosial. Karena jika kepercayaan diri peserta didik tinggi maka keterampilan sosial peserta didik juga tinggi begitupun sebaliknya, jika kepercayaan diri peserta didik rendah maka keterampilan sosial peserta didik juga ikut rendah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI