HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PAPAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
TANTI LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0294
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang memiliki kemampuan pengelolaan emosi rendah sehingga dapat menimbulkan perilaku agresif.
Permasalahan penelitian ini adalah, Adakah hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresif peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Papar tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek siswa kelas VIII SMP N 2 Papar tahun ajaran 2014/2015. Populasi sejumlah 280 siswa dan sampel diambil 15% sejumlah 42 siswa. Teknik analisis data menggunakan Teknik korelasi product moment pearson. Pengambilan sampel dengan cara Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai kemampuan pengelolaan emosi yang dimiliki peserta didik sebesar 47,04 dengan frekuensi 60% dengan jumlah peserta didik 25% berkriteria baik. Sedangkan rata-rata penilaian perilaku agresif yang dimiliki peserta didik sebesar 49,73 dengan frekuensi 55% dengan jumlah peserta didik 23 berkriteria rendah.
Dari hasil analisis data yang diperoleh r hitung = 0,727 dengan N=42 pada taraf 5% diperoleh = 0,304. Sehingga 0,727 > 0,304. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa ada hubungan yang signifikan kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresif peserta didik kelasVIII di SMP Negeri 2 Papar tahun pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan setiap peserta didik harus mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan emosi yang ada dalam diri untuk mengelola sikap agresif sehingga dapat meraih prestasi dan tujuan yang ingin dicapai. Oleh karena itu, jika peserta didik itu mampu mengelola emosi yang ada dalam dirinya pasti perilaku agresif peserta didik juga akan hilang dengan sendirinya.