HUBUNGAN ANTARA RASA PERCAYA DIRI DENGAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PESERTA DIDIK KELAS XI TSM SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
SYEIKU AGUS BIMANTARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0293
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari rasa percaya diri yang dimiliki peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di dalam keluarga dan di lingkungan sekolah. Rasa percaya diri merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi perilaku, nilai, dan norma yang baik pada peserta didik agar bertindak dan berperilaku yang baik pula pada sosialisasi di sekolah.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana rasa percaya diri peserta didik kelas XI TSM SMK Kartanegara Kediri tahun pelajaran 2014-2015? 2) Bagaimana kemampuan bersosialisasi peserta didik kelas XI TSM SMK Kartanegara Kediri tahun pelajaran 2014-2015? 3) Adakah hubungan antara rasa percaya diri dengan kemampuan bersosialisasi peserta didik kelas XI TSM SMK Kartanegara Kediri tahun pelajaran 2014-2015?
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket tertutup dan langsung. Angket terdiri dari variabel rasa percaya diri dengan kemampuan bersosialisasi. Sedangkan subjek yang di teliti berjumlah 34 responden, terdiri dari kelas XI TSM 1 – TSM 5. Hasil di analisis secara statistik dengan menggunakan rumus product moment dan dibantu dengan menggunakan SPSS 16 For Windows.
Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa variabel rasa percaya diri peserta didik kelas XI TSM SMK Kartanegara Kediri sebagian besar yaitu sebanyak 82,35% terdapat pada kategori sangat baik. Sedangkan variabel kemampuan bersosialisasi peserta didik keles XI TSM SMK Kartanegara Kediri sebagian besar yaitu sebanyak 67,65% terdapat pada kategori sangat baik.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Tidak ada hubungan antara rasa percaya didri dengan kemampuan bersosialisasi peserta didik kelas XI TSM SMK Kartanegara Kediri tahun pelajaran 2014-2015.
Hubungan antara rasa percaya diri dengan kemampuan bersosialisasi peserta didik diperoleh hasil yang tidak signifikan artinya bahwa antara rasa percaya diri dengan kemampuan bersosialisasi tidak berhubungan. Karenan tidak semua rasa percaya diri yang rendah akan mempengaruhi kemampuan bersosialisasi. Banyak faktor yang bisa mendasari hal tersebut salah satunya peserta didik yang suka berteman dengan orang yang pendiam dan jarang bergaul dengan teman yang lain. Apaila bergaul dengan teman seperti itu peserta didik tersebut tidak akan diejek atau diolok-olok dan juga dapat dipercaya untuk menjaga rahasia antar teman.