HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN KELOMPOK SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI 1 TANJUNGANOM TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SULIATIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0289

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan peneliti, Dalam proses belajar setiap peserta didik memiliki sifat yang berbeda-beda, masing-masing peserta didik memiliki pergaulan tersendiri sehingga terbentuk suatu kelompok yang memiliki nilai-nilai sendiri. Pergaulan di sekolah maupun di luar sekolah akan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik dan tugas seorang pendidik salah satunya adalah menumbuhkan motivasi peserta didik karena hal ini penting untuk dilakukan, sehingga hasil belajar yang dicapai peserta didik bisa optimal. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Tanjunganom. Dengan rumusan masalah yaitu (1) adakah hubungan pergaulan kelompok sebaya dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan angket yaitu angket pergaulan kelompok sebaya dan angket motivasi belajar. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional random sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini 330 peserta didik dan jumlah sampel 66 peserta didik, diambil secara acak dari keseluruhan kelas X yaitu 9 kelas. Untuk analisis data menggunakan analisis Pearson Correlation dengan bantuan program software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan r hitung diperoleh nilai sebesar 0,439 kemudian dibandingkan dengan angka r tabel untuk N = 66 pada taraf signifikan 5% (? = 0,05) diperoleh r tabel = 0,242. Sehingga diperoleh hasil r hitung > r tabel yaitu 0,439 > 0,242 maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pergaulan kelompok sebaya dengan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Tanjunganom tahun pelajaran 2104/2015. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru bimbingan konseling untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan dalam layanan bimbingan konseling mengenai pergaulan kelompok sebaya dan motivasi belajar peserta didik di lingkungan sekolah. Konselor berkolaborasi dengan guru kelas membantu untuk meningkatkan motivasi belajar salah satunya dengan memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta didik agar bergaul secara positif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI