HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 PURWOASRI KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

STEVANTIO CHRISTIANANDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0286

Abstract

Stevantio Christiananda. Hubungan Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi Peserta didik Kelas XI SMA Negeri 1 Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2017. Kata Kunci: Efikasi Diri, Motivasi Berprestasi. Penelitian ini dilatar belakangi tentang salah satu masalah dalam pendidikan khususnya pada proses pembelajaran yaitu rendahnya motivasi siswa untuk lebih berprestasi dan mampu mengatasi setiap hambatan atau masalah yang mengganggu kegiatan belajarnya. Pada kenyataannya motivasi berprestasi yang dimiliki seseorang cenderung sering mengalami penurunan dan di waktu lain mengalami peningkatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana efikasi diri peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Purwoasri tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana motivasi berprestasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Purwoasri tahun pelajaran 2016/2017? 3) Apakah ada hubungan efikasi diri dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Purwoasri tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 1 Purwoasri sejumlah 210 peserta didik dari 7 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 63 peserta yang diambil dari 30% didik peserta didik kelas XI sebanyak 210. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson (rxy). Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Efikasi diri peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Purwoasri tahun pelajaran 2016/2017 masih tergolong sedang. 2) Motivasi berprestasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Purwoasri tahun pelajaran 2016/2017 masih tergolong sedang. Terlihat dari hasil kuesioner yang disebar dari 63 siswa terdapat 35 siswa tergolong memiliki motivasi berprestasi sedang. 3) Ada hubungan efikasi diri dengan motivasi berprestasi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Purwoasri tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung (0,253) > rtabel (0,244 dengan ? 5%), artinya rhitung lebih besar dari rtabel sehingga ada hubungan efikasi diri dengan motivasi berprestasi peserta didik. Dari hasil penelitian ini, maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: 1) Bagi guru BK, mampu membekali peserta didik dalam mengembangkan motivasi berprestasinya melalui simulasi atau latihan mengembangkan efikasi diri secara kontinyu yang terangkum dalam program BK selanjutnya dan bisa meningkatkan motivasi berprestasi di rumah maupun di sekolah. 2) Bagi Peserta Didik, untuk mengetahui informasi tentang memperbaiki diri melalui pengembangan efikasi diri peserta didik sehingga dalam diri peserta didik akan memunculkan motivasi berprestasinya untuk meraih prestasi dalam belajarnya. 3) Diharapkan bagi orang tua dapat memperhatikan putra-putrinya dalam belajar, karena banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efikasi diri untuk memunculkan motivasi berprestasinya. 4) Bagi peneliti selanjutnya, untuk lebih memantapkan hasil penelitian ini. Perlu dilakukan penelitian yang sejenis dengan populasi yang lebih luas dan melibatkan faktor-faktor lain yang diduga mempengaruhi motivasi berprestasi serta dengan menggunakan metode pengumpulan data lainnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI