HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SRI MULIASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0285
Abstract
ABSTRAK
Pada penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses membina hubungan dan interaksi sosial di sekolah tidak tercermin penyesuaian sosial yang baik, peserta didik bersikap tidak peduli dan mengabaikan bagaimana bertindak yang baik dan dapat menciptakan situasi harmonis pada lingkungan ia berada. Hal tersebut berdampak tidak diterimanya individu pada lingkungan sosialnya. Khususnya pada lingkungan sekolah diantaranya mereka cenderung kurang menjaga sikap kepada guru, tidak bisa menjaga hubungan yang baik dengan teman, tidak tanggung jawab terhadap tugas sekolah dan ketidak taatan terhadap tata tertib sekolah. Kecerdasan emosi peserta didik yang rendah akan mencerminkan penyesuaian sosial yang kurang baik, dimana kecerdasan emosi berperan dalam penyesuaian sosialnya
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat kecerdasan emosi peserta didik? (2) Bagaimana penyesuaian sosial peserta didik? (3) Adakah hubungan antara kecerdasan emosi dengan penyesuaian sosial peserta didik?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan, dengan populasi sebanyak 200 peserta didik kelas XI SMA Pawyatan Daha Kediri . Penarikan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampeling. Jumlah sampel sebanyak 50 peserta didik atau sebanyak 25% dari keseluruhan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument berupa angket dan di analisis menggunakan rumus korelasi Product Moment dengan bantuan uji korelasi program aplikasi SPSS 16.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pemahaman akan kecerdasan emosi dapat meningkatkan penyesuaian sosial yang lebih baik. (2) Kecerdasan emosi yang sangat tinggi mampu menghasilkan penyesuaian sosial yang baik. (3) Kecerdasan emosi memiliki hubungan signifikan dengan penyesuaian sosial peserta didik.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok kecerdasan emosi adalah dapat membentuk penyesuaian sosial yang lebih baik. (2) Kecerdasan emosi yang sangat tinggi menghasilkan penyesuaian sosial yang baik. (3) Kecerdasan emosi dan penyesuaian sosial membuktikan bahwa keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat.