HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SLAMET AGUNG SEMBODO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0283
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa peserta didik yang memiliki konsep diri dan penyesuaian diri yang rendah. Hal ini ditandai dengan peserta diri merasa malu atau kurang percaya diri karena kondisi fisiknya dan selalu meragukan kemampuan yang dimilikinya. Adanya perbedaan penyesuaian diri pada peserta didik ditandai dengan kurang bisa menjalin hubungan yang baik dengan teman-temannya dan ada beberapa peserta didik yang kurang berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (2) bagaimana penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (3) adakah hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri peserta didik?.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 313 peserta didik, sampel yang diambil adalah 15% dari jumlah populasi yaitu 45 peserta didik dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan korelasi product moment pearson dengan bantuan SPSS versi 16.00 for window.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) hasil dari deskripsi data menunjukkan bahwa konsep diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mayoritas termasuk pada kategori konsep diri baik dengan presentase 62,3%. (2) hasil dari deskripsi data menunjukkan bahwa penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mayoritas termasuk pada kategori penyesuaian diri baik dengan presentase 64,4%. (3) ada hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada peserta didik.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah dan guru pembimbing hendaknya untuk memotivasi peserta didik agar semangat dalam membentuk konsep diri yang baik guna mengembangkan penyesuaian dirinya dalam lingkungan sekolah dan kehidupan pribadinya.