PENGARUH TEKNIK BIBLIOTERAPY TERHADAP KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI MUDANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0278

Abstract

Abstrak Siti Mudanah: Pengaruh Teknik Bibliotherpy Terhadap Kesehtan Mental Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 3 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: bibliotherapy, kesehatan mental. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut. Bahwa kesehatan mental peserta didik di SMK masih rendah. Akibatnya peserta didik yang mengalami kesehatan mental merasa dirinya tidak tenang dalam menjalani kehidupan ini. Pada akhirnya mereka melakukan perbuatan yang negatif seperti rasa permusuhan dalam bentuk tingkah laku yang mengganggu teman. Sehingga peserta didik yang seperti itu bisa merusak fasilitas sekolah, melakukan tawuran, dan tindakan negatif lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh teknik bibliotherapy terhadap kesehatan mental peserta didik kelas X SMK PGRI 3 KEDIRI Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan perlakuan melalui teknik bibliotherapy metode membaca dan diskusi serta pengisian angket pre-tes dan post-tes. Jumlah populasi dalam penelitian ini 103 siswa dan jumlah sampel 29 siswa, diambil secara tidak acak dari dua kelas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test pre-test dan post-test Control Group Design. Dengan membandingkan data dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan rumus t-test menyatakan bahwa pengaruh antara teknik bibliotherapy terhadap kesehatan mental peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, hasil kelompok kontrol dengan N=17 diperoleh hasil perhitungan thitung 9,033. Bila dikonsultasikan dengan ttabel N = 17 pada taraf signifikan 5% di peroleh ttabel 2,120. Dengan demikian t hitung lebih besar dari ttabel (9,033>2,120). Sedangkan kelompok eksperimen dengan N = 12 diperoleh hasil perhitungan thitung 6,600. Bila dikonsultasikan dengan ttabel N = 12 pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 2,201. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (6,600>2,201). Artinya dari masing-masing kelompok Ada Pengaruh Teknik Bibliotherapy Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI