PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI PEMASARAN 1 SMK YP 17 PARE TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SILFIANA ZAHROTUL FITRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0276

Abstract

ABSTRAK Silfiana Zahrotul Fitri: Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perilaku sosial peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK YP 17 Pare tahun ajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, perilaku sosial Penelitian ini dilatar belakangi upaya mengembangkan perilaku sosial peserta didik yang berkaitan dengan bagaimana cara memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi agar mampu mengembangkan perilaku sosial peserta didik. Permasalahan penelitian ini adalah, Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perilaku sosial peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK YP 17 Pare tahun ajaran 2014/2015? Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen pretest dan posttest dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI Pemasaran 1 sebanyak 33 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPLBK dan skala perilaku sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hitung perilaku sosial sebelum diadakan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi sebesar 70,7. Namun, setelah diberi bimbingan kelompok dengan teknik diskusi, kemudian diberikan posttest diperoleh rata-rata hitung sebesar 76,9. Dari hasil tes awal dan tes akhir dapat dikatakan bahwa perilaku sosial peserta didik meningkat sebesar 6,2. Dari hasil analisis data dengan perhitungan microsoft excel dan SPSS, diperoleh thitung > ttabel yaitu: 7,13 > 1,695 untuk= 5% dengan dk 33 – 1 = 32. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap perilaku sosial peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK YP 17 Pare Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi ada pengaruh positif bimbingan pribadi dan sosial peserta didik kelas XI Pemasaran 1 SMK YP 17 Pare tahun ajaran 2014/2015. Melalui layanan bimbingan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat membantu peserta didik dalam peningkatan perilaku sosial peserta didik yang lebih positif lagi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI