PENGARUH KELUARGA BERCERAI TERHADAP KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SHINTA WRDANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0275

Abstract

Shinta Wardani. 2015. Pengaruh Keluarga Yang Bercerai Terrhadap Konsep Diri Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kata Kunci: Keluarga Bercerai, Konsep Diri Keluarga bercerai adalah keadaan dimana tidak adanya keutuhan rumah tangga yang terdiri dari seorang ayah, ibu dan anak disebabkan terhentinya suatu perkawinan antara suami istri yang terjadi akibat perpisahan hidup dilakukan di depan sidang pengadilan dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak ataupun perpisahan mati. Konsep diri adalah persepsi diri sendiri terhadap aspek diri sendiri dan kemampuan-kemampuan yang didasarkan pada pandangan, penilaian, pengalaman dan interaksi dengan orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keluarga yang bercerai denngan konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Teknik penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji hipotesis non parametric atau uji satu sampel (chi kuadrat ) dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis data menggunakan perhitungan chi kuadrat (x2) Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 responden peserta didik dari keluarga yang bercerai dari total populasi sebanyak 35 peserta didik dari keluarga yang bercerai kelas VIII di SMP Negeri 1 Campurdarat dan 35 peserta didik dari keluarga yang tidak bercerai sebagai sampel pembanding. Hasil pengujian hipotesis menggunakan perhitungan chi kuadrat (x2) dimana x2 hitung = 19,08 dan X2 tabel = 5,991, taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (d.k) chi kuadrat = 1 maka Ho ditolak dan Hi diterima yang berarti menunjukkan ada perbedaan antara konsep diri peserta didik dari keluarga bercerai dan peserta didik dari keluarga yang bukan bercerai, dari hasil penelitian peserta didik dari keluarga yang bercerai memiliki presentase 100 % pada konsep diri negatif atau prosentase 0% pada konsep diri positif, sedang peserta didik dari keluarga yang tidak bercerai memiliki konsep diri negatif dengan prosentase 28,5% dan konsep diri positif dengan prosentase 21,5% Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa keluarga yang bercerai dapat mempengaruhi konsep diri peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI