EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 BERBEK TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SHINTA NOVARIANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0274

Abstract

ABSTRAK Shinta Novarianti: Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Bercerita Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Berbek Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP, UNP Kediri, 2015 Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kepercayaan diri. Kurangnya kepercayaan diri akan menganggu peserta didik dalam proses belajar maupun dalam kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik merasa tidak yakin akan kemampuan yag dimiliki. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah efektifkah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik bercerita untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan bimbingan kelompok dengan teknik bercerita terhadap peningkatan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Berbek?. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Berbek Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah 150 peserta didik, sampel yang diambil adalah 20% dari jumlah populasi yaitu 30 peserta didik dengan menggunakan teknik Purposive Sample. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian angket skala kepercayaan diri dengan empat alternatif jawaban. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretes postes, treatmen dan posttes desaign. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik bercerita pada peserta didik kelas VII-B dibentuk kelompok kecil yang terdiri dari 5 kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 8 peserta didik. Kepercayaan diri peserta didik sebelum diadakan bimbingan kelompok dengan teknik bercerita mayoritas memiliki kepercayaan diri yang 73 %, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bercerita skala kepercayaan peserta didik meningkat 94 % yaitu pada kategori tinggi. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik bercerita efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta ddik kelas vii SMPN 2 Berbek tahun ajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan nilai thitung sebesar 9,068, sedang dalam taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel sebesar 2,045. Maka hasilnya signifikan karena thitung ? ttabel. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah dan guru pembimbing hendaknya perlu memprogramkan secara optimal bimbingan kelompok agar peserta didik mampu neningkatkan kepercayaan diri guna keberhasilan dimasa yang akan datang. Kata kunci : Bimbingan kelompok dengan teknik bercerita, kepercayaan diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI