HUBUNGAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK KARTANEGARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SHELVY KARTIKA PURVITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0273

Abstract

SHELVY KARTIKA PURVITASARI :Hubungan Kedisiplinan Di Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Kartanegara Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kedisiplinan Dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kedisiplinan peserta didik kelas X SMK Kartanegara Kediri. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu : siswa yang belum memahami benar manfaat dari kedisiplinan dan pengaruh kedisiplinan bagi prestasi belajar. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan di sekolah peserta didik kelas X di SMK Kartanegara Kediri? (2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Kartanegara Kediri? (3) Apakah ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan di sekolah dengan prestasi belajar siswa kelas X di SMK Kartanegra? Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Kartanegara Kediri dengan jumlah peserta didik 38 anak. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen kedisiplinan di sekolah, dengan menggunakan skala kedisiplinan. Analisa penelitian menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan penghitungan IBM SPSS Statistics 16, taraf signifikan 5% diperoleh hasil rhitung 0,373 > r tabel 0,312, dengan demikian Ho ditolak, artinya bahwa ada hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Kartanegara tahun pelajaran 2014/2015. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata skor kedisiplinan di sekolah peserta didik kelas X SMK Kartanegara Kediri adalah 175 tergolong dalam kelas interval (151-175) berkategori tinggi (2) rata-rata skor prestasi belajar sebesar 92 tergolong dalam kelas interval (91-100) berkategori sangat baik. (3) ada hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar di kelas X SMK Kartanegara Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu hendaknya konselor menanamkan dan mengajarkan pentingnya memiliki sikap disiplin supaya bisa memproleh prestasi belajar dengan baik. ?

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI