PENGARUH LAYANAN INFORMASI SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ETIS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 8 KEDIRI TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RONI SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0262

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyimpangan perilaku sosial yang mempengaruhi hubungan sosial peserta didik dengan lingkungan sekolah. Menurunnya kesadaran berperilaku etis dalam bersosialisasi dan bergaul terhadap teman sebaya maupun Guru dan orang yang lebih tua. Permasalahan penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Layanan informasi sosial terhadap peningkatan perilaku etis peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Kota Kediri tahun Pelajaran 2014/ 2015 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif dengan penelitian bersifat eksperimen dengan teknik pre-exprimen design, jenis pre- eksperimental yang digunakan adalah one – group pretest-posttest design (Satu kelompok Pretes Postes). Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan, menggunakan instrumen pretest, perlakuan penelitian, mengggunakan instrumen posttest. Rumusan masalah dan hasil pengujian hipotesis yang telah di analisis perhitungan rumus t-test yang diperoleh t hitung sebesar 4.529 sementara t tabel dengan db N – 1= 29 dan taraf signifikan 5% (0,05) sebesar 1,699. Karena t hitung > tabel, 4,529 > 1,699 dan hasil rata-rata pretest 100 dengan frekuensi responden kategori perilaku etis sedang 50% dan kategori perilaku etis baik 50%. Rata-rata posttest 102,5 dengan frekuensi responden kategori perilaku etis sedang 37% dan kategori perilaku etis baik adalah 63%. Pengaruh peningkatan perilaku etis dari kategori sedang menjadi baik yang terjadi adalah 13% maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh layanan informasi sosial terhadap peningkatan perilaku etis peserta didik kelas X SMAN 8 Kediri tahun ajaran 2014/2015”. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan layanan informasi sosial adalah untuk membekali siswa dengan berbagai informasi tentang perilaku etika yang baik sehingga siswa mampu meningkatkan pemahaman beretika. (2) Guru perlu memperhatiakan perilaku etis siswa karena dengan mengaplikasikan layanan informasi sosial ini peserta didik dapat berperilaku etis sesuai norma dan etika yang berlaku.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI