Efektivitas teknik modelling untuk mengurangi perilaku agresif siswa kelas X di SMK PGRI 4 kota kediri tahun pelajaran 2017-2018


Author (Penulis)

RIZKI PURMA ADMAJA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0258

Abstract

Rizki Purma Admaja: Efektifitas Teknik Modelling Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas X Di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan observasi pada saat praktek mengajar di SMK PGRI 4 Kediri. Peneliti menemukan perilaku agresif juga terjadi di sekolah tersebut. Ada beberapa fenomena yang terjadi dan peneliti amati, di antaranya seperti berkata kotor, menendang, memukul teman dan tidak jarang menemui siswa yang membangkang saat pelajaran berlangsung. Saling menghina, mencaci dan mencela antar teman sering terjadi dan hal tersebut mereka anggap sebagai sesuatu yang biasa, dan tanpa mereka sadari telah melukai orang lain. Perilaku agresif dapat diminimalisir menggunakan teknik behavioral kususnya teknik modelling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik modelling efektif menurunkan perilaku agresif siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik modelling efektif menurunkan perilaku agresif siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian experimen, menggunakan design penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri yang berjumlah 246 siswa. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik purposive non random sampling dan didapatkan 10 siswa yang mempunyai karakteristik perilaku agresif tinggi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistika Paired sample t test dengan menggunakan bantuan spss 21 for windows Berdasarkan hasil penelitian mengenai efektifitas teknik modeling untuk mengurangi perilaku agresif siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kota Kediri, didapatkan hasil t hitung = 5,650 dengan Sig.(2-tailed) = 0,000. Signifikasi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho, dengan demikian berarti teknik modelling efektif menurunkan perilaku agresif siswa kelas X di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan kepada 1) Guru BK agar memperhatikan dan membantu siswa dalam mengurangi perilaku agresif siswa dengan teknik modelling. 2) Kepada siswa harus menghindari perilaku agresif dan menjauhi anak yang berperilaku agresif. Kata Kunci : Teknik Modelling, Perilaku Agresif

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI