HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DENGAN KEMAMPUAN MENGELOLA STRES PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIZKI MARITA MUDIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0256

Abstract

ABSTRAK Rizki Marita Mudiyanti: Hubungan Antara Kreativitas dengan Kemampuan Mengelola Stres pada Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: kreativitas, kemampuan mengelola stres. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kreativitas peserta didik perlu dipupuk dan dikembangkan, karena kreativitas sangat dibutuhkan terutama berkaitan dengan pembangunan Indonesia yang membutuhkan sumber daya manusia berkualitas yang memiliki kreativitas tinggi. Kreativitas juga berkaitan dengan kesiapan untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan hidup, yang tidak mungkin akan mengakibatkan terjadinya gejala stres. Disini orang yang memiliki bakat kreatif rendah akan berakibat cepat mengalami terjadinya stres. Jadi semakin tinggi tingkat kreativitas seseorang maka kemungkinan kecil mengalami terjadinya stres, dan sebaliknya orang yang memiliki tingkat kreativitas rendah justru akan lebih cepat mengalami stres. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara kreativitas dengan kemampuan mengelola stres pada peserta didik? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus, menggunakan instrument berupa angket kreativitas dan mengelola stres peserta didik, yangmempunyai jumlah item pertanyaan sebanyak 58item. Teknik yang digunakan dalam menjaring data yaitu area sampling.Teknik area samplingdigunakan untuk menentukan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data sangat luas. Jumlah total populasi ada 110 responden. Jadi peneliti hanya mengambil sampel sebanyak 67 responden. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri sebagian besar memiliki tingkat kreativitas pada kategori sedang. (2) Peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri memiliki kemampuan mengelola stres pada kategori tinggi. (3) Hasil penelitian hubungan antara kreativitas dengan kemampuan mengelola stres pada peserta didik kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015 diperoleh koefisien sebesar 0,532 pada taraf signifikan 5% dengan r tabel sebesar 0,244. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Pihak guru, kepala sekolah untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan kreativitas pada peserta didiknya. (2) Guru harus memotivasi dan mengarahkan peserta didiknya agar lebih kreatif dan mampu dalam mengelola stres.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI