PENGARUH KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI SMK YP 17 PARE TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIZKA YUFILATUL ANGGARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0254

Abstract

Abstrak Rizka Yufilatul Anggara: Pengaruh Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Di SMK YP 17 PARE Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: Kegiatan OSIS, Perkembangan Komunikasi Interpersonal Penelitian ini dilatar belakangi upaya mengetahui perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik terutama yang menjadi pengurus OSIS dalam melaksanakan kegiatan OSIS. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)? (2) Bagaimana perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik yang menjadi pengurus OSIS? (3) Adakah pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) terhadap perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik? Penelitian ini menggunakan metode/desain penelitian non-eksperimental dengan pendekatan ex post facto dengan subjek penelitian peserta didik yang menjadi pengurus OSIS SMK YP 17 Pare sebesar 22 peserta didik. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket kegiatan OSIS dan perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik. Teknik analisa data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan OSIS dilaksanakan pengurus OSIS dengan baik dengan nilai mean sebesar 79,28. Perkembangan komunikasi interpersonal pengurus OSIS rata-rata sangat baik dengan nilai mean sebesar 80,73. Kegiatan OSIS berpengaruh positif terhadap perkembangan komunikasi interpersonal, diperoleh t hitung > t tabel yaitu: 5,826056 > 1,7247 untuk = 5% dengan dk 22 – 1 = 21. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan OSIS terhadap perkembangan komunikasi interpersonal peserta didik yang menjadi pengurus OSIS di SMK YP 17 Pare. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kegiatan OSIS dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan komunikasi interpersonalnya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang perlu dikemukakan adalah sebagai berikut. Guru bimbingan konseling, hendaknya meningkatkan pemberian informasi akan pentingnya mengikuti organisasi, sehingga peserta didik mampu meningkatkan komunikasi interpersonal dengan baik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI