HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RITA BUDIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0251
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa peserta didik yang memiliki masalah dengan rasa ketidakpercayaan diri. Ada beberapa peserta didik yang merasa telah kehilangan kepercayaan diri dalam kehidupannya. Kendala ini terkait dengan soal krisis diri, hilang kendali, merasa tidak berdaya menatap sisi cerah masa depan. Karena itulah peserta didik yang kurang percaya diri cenderung sulit dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan orang-orang disekitarnya. Sedangkan kemampuan komunikasi interpersonal pada dasarnya menyentuh segala aspek kehidupan ini.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (2) bagaimana kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung? (3) adakah hubungan anatara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik?.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 313 peserta didik, sampel yang diambil adalah 15% dari jumlah populasi yaitu 45 peserta didik dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS versi 16.00 for window.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) hasil dari deskripsi data menunjukkan bahwa kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mayoritas termasuk pada kategori kepercayaan diri tinggi dengan presentase 66,7 %. (2) hasil dari deskripsi data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung mayoritas termasuk pada kategori kemampuan komunikasi interpersonal tinggi dengan presentase 60 %. (3) ada hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal pada peserta didik.
Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah dan guru pembimbing hendaknya memperhatikan dan membantu peserta didik dalam mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal agar dapat bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.