HUBUNGAN ANTARA PERKEMBANGAN EMOSI DENGAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMK TI PELITA NUSANTARA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
RIANA GEOVANI HEATUBUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0246
Abstract
ABSTRAK
Riana Geovani Heatubun: Hubungan antara Perkembangan Emosi dengan Konsep Diri pada Peserta Didik Kelas X SMK TI Pelita Nusantara Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Perkembangan Emosi, Konsep Diri
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman penelitian, bahwa perkembangan emosi peserta didik perlu dikembangkan, karena perkembangan emosi merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam pembentukan konsep diri pada peserta didik. Sehingga apabila tingkap perekmbangan emosi pada peserta didik rendah maka akan mempengaruhi konsep diri peserta didik yang buruk.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perkembangan emosi dengan konsep diri pada peserta didik kelas X SMK TI Pelita Nusantara Kediri tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas X SMK TI Pelita Nusantara Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa skala perkembangan emosi dan skala konsep diri pada peserta didik, yang mempunyai jumlah pertanyaan sebanyak 23 item untuk variabel perkembanagn emosi dan 23 item untuk variabel konsep diri. Jumlah total populasi ada 136 responden. Jadi penelitian ini hanya mengambil sampel sebanyak 55 responden, pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peserta didik kelas X SMK TI Pelita Nusantara Kediri sebagian besar memiliki tingkat perkembangan emosi dalam kategori sedang, (2) peserta didik kelas X SMK TI Pelita Nusantara Kediri memiliki konsep diri pada kategori sangat baik, (3) ada hubungan yang signifikan antara perkembangan emosi dengan konsep diri pada peserta didik kelas X SMK TI Pelita Nusantara Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) pihak guru dan kepala sekolah untuk lebih memperhatikan perkembangan emosi pada peserta didik untuk menigkatkan konsep diri siswa, (2) konselor dan para guru bekerjasama untuk mengarahkan peserta didiknya agar memiliki konsep diri yang baik.