HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DENGAN PENGENDALIAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 5 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RIA APRILIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0239

Abstract

ABSTRAK Ria Apriliani: Hubungan antara Motivasi dengan Pengendalian Diri Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Kediri, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masa remaja adalah masa transisi antara masa anak-anak menuju masa dewasa, dalam masa inilah masa yang paling sulit secara emosional. Seorang remaja bisa saja merasa sedang di puncak dunia pada suatu saat, namun tidak berharga sama sekali pada waktu berikutnya. Anak remaja umumnya mempunyai emosi yang belum stabil, selain itu masa remaja adalah masa pencarian jati diri, agar remaja atau peserta didik terhindar dari perbuatan yang negatif, untuk itulah diperlukan motivasi dan kemampuan pengendalian diri dari remaja atau peserta didik tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara motivasi dengan pengendalian diri peserta didik kelas VII SMPN 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik Kelas VII SMPN 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus, menggunakan instrumen berupa angket motivasi dan pengendalian diri peserta didik. Butir butir pernyataan instrumen angket didapat dari penjabaran indikator dari masing-masing variabel yaitu variabel motivasi dan variabel pengendalian diri. Masing-masing variabel mempunyai item pernyataan sebanyak 20 item. Teknik yang digunakan dalam menjaring data yaitu Cluster Random Sampling. Teknik Cluster Random Sampling digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data sangat luas. Kemudian dari waktu pelaksanaannya menggunakan One-Short model, yaitu pengembilan data dengan satu waktu. Jumlah total populasi ada 317 responden, jadi peneliti mengambil sampel sebanyak 105 responden. Adapun untuk mempermudah penelitian ini, penulis menentukan hipotesis awal bahwa diduga terdapat hubungan antara motivasi dengan pengendalian diri peserta didik kelas VII SMPN 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,643, sedangkan t hitung = 0,196 pada taraf signifikansi 5%. 0,643 > 0,196 hal ini menunjukkan H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara motivasi dengan pengendalian diri peserta didik kelas VII SMPN 5 Kediri tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok motivasi adalah untuk mendorong anak segera melakukan kegiatan yang berarti. Oleh sebab itu konselor selaku pemberi materi layanan harus lebih memperhatikan anak yang kurang mempunyai motivasi. (2) konselor masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah kemampuan pengendalian diri peserta didik atau remaja sesuai dengan tingkat perkembangannya. Kata kunci: motivasi, pengendalian diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-28

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI