HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X SMK PGRI 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

REZKY SETIYOKO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0238

Abstract

ABSTRAK Rezky Setiyoko: Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kreativitas Belajar Siswa SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 20167. Penelitian ini dilatarbelakangi masalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa di SMK PGRI 3 Kediri tidak selalu berjalan secara baik. Di SMK PGRI 3 Kediri, siswa cenderung malas untuk belajar ketika siswa tersebut mendapat nilai yang kurang memuaskan dan sering terjadi ketika mendapat soal yang rumit dan mendapat materi yang memerlukan ketelitian yang tinggi siswa merasa tidak akan mampu untuk memahami materi tersebut. Siswa sering kali patah semangat dalam belajar yang kemudian akan menyebabkan siswa malas belajar dan nilai siswa di SMK PGRI 3 Kediri masih jauh dari yang diharapkan. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan motivasi belajar dengan kreativitas belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasional untuk mengetahui hubungan antara satu atau lebih variabel satu dengan variabel lainnya. Karena dalam penelitian ini akan melibatkan korelasi antar variabel, yaitu motivasi belajar siswa dan variabel kreativitas belajar siswa, maka pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dengan populasi berjumlah 89 siswa dan sampel penelitian berjumlah 23 siswa yang diambil dengan teknik Cluster Sampling (Area Sampling) atau teknik sampling daerah yaitu menggunakan sampel sejumlah 25% dari jumlah populasi. Berdasarkan dari perhitungan dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment pearson menggunakan rumus product moment pearson yang membandingkan r hitung dengan r tabel dengan taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 23, sehingga diperoleh r tabel 0,413 dan r hitung 0,51684. Dengan demikian, r hitung (0,51684) ? r tabel (0,413). Akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima, hal tersebut berarti ada hubungan antara motivasi belajar dengan kreativitas belajar siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Motivasi belajar dengan kategori sedang dapat dilihat dari mean 51,7826, sedangkan pada kreativitas siswa masuk dalam kategori sedang dengan mean 59,0435. Berdasarkan simpulan diatas, telah membuktikan terdapat hubungan motivasi belajar terhadap kreativitas belajar siswa kelas X SMK PGRI 3 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan 1) sebaiknya berupaya untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dan konseling individu secara efektif dan efisien, agar siswa dapat memiliki kreativitas dan motivasi belajar yang baik 2) konselor berusaha untuk menciptakan interaksi yang baik antara guru mata pelajaran, kepala sekolah, konselor sekolah, orang tua siswa agar dapat mengetahui perkembangan siswa. Kata Kunci : Motivasi belajar, Kreativitas belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI