KORELASI PERSEPSI SISWA PADA GURU DENGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VIII SMPN 1 MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RESTI UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0237

Abstract

ABSTRAK Resti Utami: Korelasi persepsi siswa pada guru dengan keaktifan mengikuti pembelajaran siswa kelasVIII SMPN 1 Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Persepsi siswa pada guru, keaktifan mengikuti pembelajaran Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran tidak selamanya berjalan lancar ada kalanya siswa menghadapi kesulitan/hambatan, salah satunya adalah keaktifan mengikuti pembelajaran yang dipengaruhi oleh persepsi siswa pada guru dalam proses belajar mengajar. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada korelasi persepsi siswa pada guru dengan keaktifan mengikuti pembelajaran? Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak ada korelasi persepsi siswa pada guru dengan keaktifan mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa kelas VIII SMPN 1 Mojo Kabupaten Kediri. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Hasil pengujian hipotesis dengan teknik korelasi product moment pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara variabel persepsi siswa pada guru dengan variabel keaktifan mengikuti pembelajaran. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan perolehan koefisien korelasi r hitung > r tabel, sebesar r = 0,817 > 0,316 maka hipotesis diterima. Hasil pengujian hipotesis di atas dapat disimpulkan bahwa semakin baik/positif persepsi siswa pada guru maka keaktifan mengikuti pembelajaran siswa juga semakin baik. Berdasarkan simpulan di atas, hendaknya pihak sekolah khususnya guru maupun konselor meningkatkan performansi diri untuk membangun persepsi positif terhadap guru maupun konselor yang pada akhirnya akan membuat siswa tertarik dan aktif untuk mengikuti pembelajaran maupun pemberian layanan bimbingan dan konseling disekolah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI