PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR


Author (Penulis)

RARAS TUNJUNG WANGI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0236

Abstract

Abstrak Raras Tunjung Wangi: Pengaruh Konsep Diri Terhadap keaktifan belajar Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Mojo Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP KEDIRI, 2016. Kata Kunci: Konsep Diri, Keaktifan Belajar. Konsep diri merupakan keseluruhan pandangan tentang diri sendiri, dengan kata lain konsep diri merupakan potret tentang bagaimana seseorang melihat, menilai, serta menyikapi diri. Konsep diri penting diperhatiakan sebab konsep diri merupakan penentu tingkah laku seseorang dan merupakan pandangan terhadap diri sendiri yang merupakan dasar bagi semua tingkah laku. Bila individu mempunyai konsep diri yang rendah atau negatif, individu akan menjadi kurang percaya diri, mudah putus asa, dan kurang berorientasi pada prestasi, sehingga akan mempengaruhi keaktifan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konsep diri terhadap keaktifan belajar kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri. Peneliti memperoleh data dari menyebarkan angket dengan jumlah responden 40 siswa. Data tersebut diolah untuk mendapatkan hasil penelitian. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini 394 siswa dan jumlah sampel 40 siswa, diambil secara acak. Untuk analisis data menggunakan rumus product moment dari Pearson. Berdasarkan rumus korelasi product moment menyatakan bahwa pengaruh konsep diri terhapa keaktifan belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan N= 40 di peroleh hasil perhitungan r hitung 0,774. Bila dikonsultasikan dengan r tabel N= 40 pada taraf signifikan 5% diperoleh r tabel 0,312 dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel (0,774 > 0,312). Artinya ada pengaruh antara Konsep Diri dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI