Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan observasi pada saat praktek mengajar di SMK PGRI 4 Kediri. Peneliti menemukan kecemasan yang tinggi dalam pemilihan karir yang terjadi di sekolah tersebut, di antaranya seperti kecemasan yang timbul secara mendadak dan sukar diantisipasi, gejalanya pikiran kacau, tidak dapat berkomunikasi dan kehilangan kontrol diri. Kecemasan dapat diminimalisasi menggunakan konseling kelompok dengan pendekatan Trait And Factor.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah konseling kelompok dengan penedekatan trait and factor dapat menurunkan kecemasan dalam pemilihan karir siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017 /2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendekatan trait and factor terhadap menurunkan kecemasan dalam pemilihan karir siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre-experimental designs (nondesigns) dengan one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri yang berjumlah 243 siswa. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan 15 siswa yang mempunyai karakteristik kecemasan dalam pemilihan karir tinggi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistika Paired sample t test dengan menggunakan bantuan spss 21 for windows
Berdasarkan hasil penelitian mengenai konseling kelompok dengan penedekatan trait and factor dapat menurunkan kecemasan dalam pemilihan karir siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kota Kediri, didapatkan hasil dengan Sig.(2-tailed) = 0,003 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho, dengan demikian dapat berarti konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor dapat menurunkan kecemasan dalam pemilihan karir siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018.
Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan kepada 1) Guru BK agar dapat memperhatikan dan membantu siswa dalam mengurangi kecemasan dalam pemilihan karir siswa dengan cara konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor. 2) Kepada siswa diharapkan supaya mampu mengontrol dan mengurangi kecemasan dalam pemilihan karir agar mampu memilih atau melangkah masa depan yang lebih baik.
Fauzan. D. 2004. Konseling Dengan Pendekatan Trait and Factor. Jakarta; PT. Preenhalindo.
Munandir, Heru. dkk. 2005. Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Nova Galuh Tiarasani. 2012. Upaya Menurunkan Kecemasan Siswa Dalam Pemilihan Karier Melalui Konseling Trait and Factor. Journal Skripsi Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Ramaiah, Savitri. 2003. Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Sundari, Siti. 2005. Kesehatan Mental dalam Kehidupan. Jakarta: Rineka Cipta
Sulaeman, Dadang. 1995. Psikologi Remaja. Bandung: Mandarmaju.