PENGARUH PENERAPAN METODE SELF MONITORING TERHADAP TINGKAH LAKU HIPERAKTIF PESERTA DIDIK KELAS X MULTIMEDIA 1 DI SMK N 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

PUJI WAHYUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0228

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa ada beberapa peserta didik yang bertingkah laku secara berlebihan didalam kelas sehingga dapat menimbulkan kegaduhan dalam proses belajar mengajar. Akibatnya sebagian anak yang serius mengikuti pelajaran menjadi terpecah konsentrasinya dan apa yang disampaikan guru tidak dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode self monitoring terhadap tingkah laku peserta didik kelas X-MM 1 di SMK Negeri 2 Kediri TahunPelajaran 2014/2015 Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik kelas X-MM 1 SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan cara memberikan perlakuan melalui metode self monitoring. Metode ini dilakukan pada 1 kelas dari 2 kelas sample purposive yang mempunyai peserta didik dengan kasus yang sama yaitu perilaku hiperaktif. Pada kelas pertama (kelas eksperimen) diberikan perlakuan berupa pencatatan diri sendiri dan orang lain (self monitoring). Kemudian pada kelas kedua (kelas kontrol) diberikan perlakuan berupa diskusi kelompok. Kemudian hasilnya dibandingkan dan memperoleh hasil sebagai berikut. Jumlah populasi dalam penelitian ini 671 peserta didik dan jumlah sampel 71 peserta didik, dari dua kelas kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Untuk analisis data menggunakan rumus t-test pre-test dan post-test Control Group Design Suharsimi Arikunto. Dengan membandingkan data dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan rumus t-test menyatakan bahwa pengaruh penerapan metode self monitoring terhadap tingkah laku peserta didik kelas X-MM 1 di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015, hasil kelompok kontrol dengan N= 35 diperoleh hasil perhitungan thitung 8.86 Bila dikonsultasikan dengan t tabel N = 35 pada taraf signifikan 5% di peroleh t tabel 2.021 dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel (8.86 > 2,021) Sedangkan kelompok eksperimen dengan N = 36 diperoleh hasil perhitungan t hitung 12.3 Bila dikonsultasikan dengan t tabel N = 36 pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel 2.021 dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel (12.3>2.021). Artinya dari masing-masing kelompok Ada pengaruh penerapan metode self monitoring terhadap tingkah laku peserta didik kelas X-Multimedia 1 di SMK Negeri 2 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci: Metode Bimbingan dan Konseling, Self Monitoring, Tingkah Laku, Hiperaktif.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI