HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 BERBEK NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
PUJI DIANA ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0227
Abstract
ABSTRAK
Puji Diana Astutik:Hubungan Self Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Berbek Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri,2015.
Kata kunci : self efficacy, kemandirian belajar
Sebagian peserta didik memerlukan bantuan dari guru-guru konselor dan orang tua peserta didik, untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan dan kelemahan-kelemahannya dalam belajar. Melalui kemandirian belajar di sekolah, peran guru dan konselor saling membantu, menunjang dan mengisi dalam membantu peserta didik melihat secara kritis sikap dan kebiasaan belajar yang mereka miliki. Pada hakekatnya didalam belajar mata pelajaran apapun di sekolah, hal itu merupakan serangkaian usaha yang diberikan untuk mempersiapkan dalam menggerakkan kondisi-kondisi tertentu anak, agar anak tersebut mau melakukan aktifitas belajar dengan penuh kesadaran dan keikhlasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif dengan subyek penelitian peserta didik Kelas VII SMPN 2 Berbek Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam satu siklus, menggunakan instrumen berupa angket motivasi dan pengendalian diri peserta didik, yang masing-masing variabel mempunyai item pernyataan sebanyak 20 item. Teknik yang digunakan dalam menjaring data yaitu cluster sampling (area sampling).Teknik sampling daerah digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data sangat luas. Jumlah total populasi ada 158 responden, jadi peneliti mengambil sampel sebanyak 105 responden.
Adapun untuk mempermudah penelitian ini, penulis menentukan hipotesis awal bahwa diduga terdapat hubungan self efficacy dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMPN 2 Berbek Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Dan berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa thitung = 0,196 pada taraf signifikansi 5%, sedangkan ttabel = 0,305. Oleh karena thitung> ttabel, hal ini menunjukkan Ha diterima artinya ada hubungan self efficacy dengan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMPN 2 BerbekTahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, direkomendasikan: (1) tujuan pokok self efficacy untuk mengharap keyakinan pada diri peserta didik dalam proses belajar, (2) konselor masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah kemampuan self efficacy dengan kemandirian belajarnya.