PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 NGRONGGOT, NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015
Author (Penulis)
NUR KHOLIQ
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0217
Abstract
ABSTRAK
NUR KHOLIQ: Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Klasikal Motivasi
Ekstrinsik Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1
Ngronggot, Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi, Bimbingan dan
Konseling, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata Kunci: Motivasi Ekstrinsik, Kedisiplinan Siswa
Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif dan berfungsinya
karena adanya rangsangan dari luar. Sebagai contoh peseta didik mau belajar
karena disuruh, diberi tugas, hadiah, ganjaran, dan lain-lain. Kedisiplinan dalam
penelitian ini adalah pernyataan sikap dan perbuatan siswa dalam melaksanakan
kewajiban secara sadar dengan cara menaati peraturan yang ada di lingkungan
sekolah maupun di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui
tingkat kedisiplinan siswa. 2) Untuk mengetahui motivasi ekstrinsik terhadap
siswa. 3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan klasikal
motivasi ekstrinsik terhadap kedisiplinan siswa.
Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif. Proses analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis
hipotesis dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan. Sampel pada penelitian
ini berjumlah 34 responden pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk
Tahun Pelajaran 2014/ 2015.
Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa pre-test
adalah 100,7353 dan nilai rata-rata post-test adalah 102,3824. Dari data hasil
analisa yang menggunakan uji-t dapat terlihat bahwa ada pengaruh signifikan
pada hasil pre-test dan post-test. Dari data di atas terlihat thitung (6,643) > ttabel 5%
(1,997), maka signifikan, akibatnya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh pemberian layanan bimbingan klasikal motivasi ekstrinsik
terhadap kedisiplinan pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk Tahun
Pelajaran 2014/ 2015.
Dari hasil penelitian pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk
Tahun Pelajaran 2014/ 2015 disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan
bimbingan klasikal motivasi ekstrinsik terhadap kedisiplinan lebih baik dari hasil
pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan post-test (setelah diberikan perlakuan).
Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang perlu dikemukakan
adalah sebagai berikut. Hendaknya para guru bimbingan dan konseling mampu
memberikan pengarahan dengan memberikan motivasi kepada siswa supaya tidak
terjadi pelanggaran kedisiplinan sehingga kegiatan belajar tidak akan terganggu.