PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 1 NGRONGGOT, NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015


Author (Penulis)

NUR KHOLIQ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0217

Abstract

ABSTRAK NUR KHOLIQ: Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Klasikal Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Siswa Kelas XI Di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2014. Kata Kunci: Motivasi Ekstrinsik, Kedisiplinan Siswa Motivasi ekstrinsik adalah motif-motif yang menjadi aktif dan berfungsinya karena adanya rangsangan dari luar. Sebagai contoh peseta didik mau belajar karena disuruh, diberi tugas, hadiah, ganjaran, dan lain-lain. Kedisiplinan dalam penelitian ini adalah pernyataan sikap dan perbuatan siswa dalam melaksanakan kewajiban secara sadar dengan cara menaati peraturan yang ada di lingkungan sekolah maupun di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa. 2) Untuk mengetahui motivasi ekstrinsik terhadap siswa. 3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan klasikal motivasi ekstrinsik terhadap kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 34 responden pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa pre-test adalah 100,7353 dan nilai rata-rata post-test adalah 102,3824. Dari data hasil analisa yang menggunakan uji-t dapat terlihat bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil pre-test dan post-test. Dari data di atas terlihat thitung (6,643) > ttabel 5% (1,997), maka signifikan, akibatnya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan bimbingan klasikal motivasi ekstrinsik terhadap kedisiplinan pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Dari hasil penelitian pada siswa kelas XI di SMAN 1 Ngronggot, Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/ 2015 disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan bimbingan klasikal motivasi ekstrinsik terhadap kedisiplinan lebih baik dari hasil pre-test (sebelum diberikan perlakuan) dan post-test (setelah diberikan perlakuan). Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang perlu dikemukakan adalah sebagai berikut. Hendaknya para guru bimbingan dan konseling mampu memberikan pengarahan dengan memberikan motivasi kepada siswa supaya tidak terjadi pelanggaran kedisiplinan sehingga kegiatan belajar tidak akan terganggu.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-02

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI