EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REALITY THERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2014 - 2015
Author (Penulis)
NUR IFADATIN NAFI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0216
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah kasus membolos yang terjadi pada peserta didik sekolah setingkat SMA, SMK, MA yang tetap menunjukkan kriteria tinggi dibandingkan dengan tingkat sekolah di bawahnya. Banyak sekali kasus membolos yang akhirnya beredar di media masa terjaring razia pelajar rata-rata adalah siswa SMK. Sedangkan banyak sekolah kurang mempunyai cara yang efektif untuk mengurangi kasus membolos peserta didik, khususnya para konselor sekolah.
Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana efektivitas konseling kelompok dengan teknik reality therapy untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Eksperimen kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 3 siswa, yang semuanya kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan konseling dan melakukan observasi untuk melihat perubahan subyek dengan mengisikan lembar pedoman observasi. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis dan mendiskripsikan perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah konseling kelompok dengan teknik reality therapy efektif untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik.Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada guru Bimbingan dan Konseling untuk menggunakan konseling kelompok dengan teknik reality therapy dalam menangani masalah siswa terutama masalah membolos di sekolah.Karena dalam penelitian ini dapat membuktikan keefektifan konseling kelompok dengan teknik reality therapy untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik.