HUBUNGAN ANTARA PEMANTAUAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 GROGOL TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NOVY PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0214

Abstract

Novy Puspitasari: Hubungan Antara Pemantauan Diri dengan Kecemasan Komunikasi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UNP Kediri 2015. Kata kunci: pemantauan diri, kecemasan komunikasi. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti saat melakukan Program Praktek Lapangan (PPL), beberapa permasalahan individu dalam berkomunikasi. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik tidak mau menjawab saat peneliti memberi pertanyaan, peserta didik enggan untuk bertanya setelah guru menjelaskan materi pelajaran. Selain itu peserta didik menarik diri dari pergaulan, berusaha sekecil mungkin untuk berkomunikasi jika terdesak saja. Dan bila kemudian ia terpaksa berkomunikasi, sering berbicaraannya tidak relevan, sebab berbicara yang relevan tentu akan mengundang reaksi yang biak dengan ornag lain. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara pemantauan diri dengan kecemasan komunikasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2014/2015?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode korelasional. Dengan populasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol yang berjumlah 333 peserta didik yang diambil sampel sebesar 20%-nya yaitu 72 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Dalam penelitian ini, akan digunakan dua buah skala, yaitu skala pemantauan diri dan skala kecemasan komunikasi. Hasil perhitungan skala pemantauan diri diketahui yang di uji cobakan adalah 30 aitem dan yang valid adalah 27 aitem, dengan koefisien validitas minimal 0,300. dan perhitungan skala kecemasan komunikasi diketahui yang di uji cobakan adalah 60 aitem dan yang valid adalah 37 aitem, dengan koefisien validitas minimal 0,300. Hasil utama penelitian ini memperlihatkan bahwa ada hubungan negatif signifikan antara pemantauan diri dengan kecemasan komunikasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 2014/2015. Dari penghitungan correlation spearman dengan nilai sig (2-tiled) 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak. Dari penghitungan correlation kendall’s tau dengan Nilai sig (2-tiled) 0,003 < 0,05, maka Ho ditolak. Hasil penelitian tersebut sesuai dengan hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara antara pemantauan diri dengan kecemasan komunikasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Grogol Tahun Ajaran 014/2015. Ini berarti bahwa semakin tinggi pemantauan diri pada peserta didik maka akan diikuti pula dengan semakin rendahnya tingkat kecemasan komunikasi pada diri peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-11-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI