KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 3 PAGERWOJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NOVITA FITRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.01.0213

Abstract

NOVITA FITRIANA. Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Control Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 3 Pagerwojo Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Kata Kunci: layanan bimbingan kelompok dan self control Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari nara sumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari baik individu sebagai pelajar, anggota keluarga, dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Self-control adalah kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri, kemampuan untuk menekan atau merintangi impuls-impuls atau tingkah laku impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self control pada peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Pagerwojo Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 145 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 23 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Dengan teknik analisis uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self control pada peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Pagerwojo Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat diperoleh perhitungan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung 13.810 > ttabel 2.105 (5%), maka signifikan, akibatnya H0 ditolak. Hasil penelitian ini disarankan bagi guru bimbingan dan konseling agar dapat menjalankan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan self control pada peserta didik sehingga dapat membantu proses belajar secara optimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI