EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK
Author (Penulis)
NITA AGUSTINA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.01.0209
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengalaman dan pengamatan peneliti bahwa banyak siswa di SMP teridentifikasi memiliki hubungan interpersonal yang rendah. Akibatnya berpengaruh pada perkembangan siswa dalam melakukan hubungan dengan orang lain yang sejatinya akan membantu proses perkembangan siswa. Hal tersebut nampak dari perilaku siswa yang suka menyendiri, jarang sekali berinteraksi dengan guru dan teman yang masih terlihat malu-malu.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran umum hubungan interpersonal peserta didik kelas VIII? 2) Bagaimana efektifitas teknik sosiodrama dalam meningkatkan hubungan interpersonal peserta didik sebelum dan sesudah diberi sosiodrama? 3) Apakah sosiodrama efektif meningkatkn hubungan interpersonal peserta didik
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas SMP Pawyatan Daha Kediri. Penelitian ini dilakukan secara bertahap dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan wawancara
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Secara umum hubungan interpersonal peserta didik masih tergolong rendah namun setelah diberikan teknik sosiodrama terjadi suatu peningkatan 2) Sebelum diberikan teknik sosiodrama dan masih dalam keadaan natural hubungan interpersonal peserta didik tergolong rendah dan setelah diberikan teknik sosiodrama secara bertahap terjadi peningkatan pada peserta didik. 3) Melalui teknik sosiodrama terbukti dapat meningkatkan hubungan interpersonal peserta didik.
Kata Kunci : Teknik sosiodrama, Hubungan interpersonal